Wednesday, February 14, 2018

ASDP Minta Suntikan Rp 1 Triliun Untuk Kapal Tol Laut

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memajukan suntikan dana dari Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 1 triliun untuk membuat dermaga serta pengadaan kapal.

Direktur Paling utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danang S Baskoro mengatakan, project yang juga akan ditangani dari suntikan PNM itu yakni, penyelesaian pembangunan dermaga VI di Pelabuhan Merak hingga bisa melayani kapal-kapal dengan ukuran lebih dari 10 ribu gross ton (Gt) memerlukan investasi Rp 300 miliar.

Pembangunan dermaga VI itu adalah, kelanjutan dari project Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diarahkan ke ASDP.

Baca : Harga Tiket Kapal Wilis

Terkecuali pembangunan dermaga VI, suntikan PNM itu juga untruk pembangunan dermaga VII di Pelabuhan Merak yang bisa melayani kapal memiliki ukuran lebih dari 10 ribu Gt, memerlukan investasi Rp 300 miliar.

" Ada policy baru untuk infrastruktur yang semula oleh Kementerian Perhubungan jadi oleh BUMN. Dermaga VI telah dikerjakan beberapa oleh kemenhub jadi bekasnya kan dilanjutkan ASDP. Maka dari itu PMN ini beberapa untuk dermaga VI. Sisinya untuk dermaga VII, " kata Danang, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Terkecuali membuat Dermaga, ASDP akan pakai untuk pengadaan dua unit kapal Ferry Ro Ro memiliki 5 ribu Gt dengan investasi Rp 400 miliar.

Baca : Harga Tiket Kapal Bukit Siguntang

Menurut Danang, project yang disuntik dana dari PNM itu untuk mensupport program tol laut yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, yang mempunyai tujuan untuk menyambung nusantara dengan moda transportasi laut.

" PMN ini cuma sebagain karenanya. Keperluan kita mendukung tol laut semakin lebih besar dari PMN ini, " ujarnya.

No comments:

Post a Comment